Total Tayangan Halaman

Sabtu, 12 Maret 2011

HASIL UAS PTI MARET 2011


JAWABAN UAS PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI
DIAN RAHADIAN
10864001
SMT I PENDIDIKAN TEKNOLOGI PEMBELAJARAN
PPS STKIP GARUT 2011

NO 1
KEWIRAUSAHAAN DAN INTERNET MARKETING
Kewirausahaan adalah topik utama dalam setiap pembicaraan tentang pendidikan. kewirausahaan mengandung makna bagaimana implementasi dari ilmu yang diperoleh dalam satuan pendidikan untuk diterapkan dalam kehidupan berwirausaha sehingga hasil pendidikan tidak akan melahirkan pengangguran. Kurikulum pendidikan tinggi mewajibkan adanya mata kuliah kewirausahaan sebagai bagian dari pendidikan itu. Mata kuliah kewirausahaan ada dalam kurikulum jurusan teknik informatika di AMIK Garut.
Tentu saja tujuan memasukkan mata kuliah kewirausahaan ini adalah agar mahasiswa memperoleh pengetahuan kewirausahaan sehingga pengetahuan teknis yang dimilikinya dibidang teknologi informasi misalnya dapat digunakan untuk menciptakan lapangan kerja baru dan tidak hanya mengejar jadi pegawai dengan gaji tertentu. Seberapa besarpun gajinya tidak akan pernah membuat ia kaya tetapi hanya akan membuat bosnya kaya (Robert T. Kiyosaki).
Kurikulum pendidikan di jenjang dibawahnya oleh pemerintah didorong untuk memasukkan mata pelajaran kewirausahaan. Di jalur pendidikan nonformal pemerintah sangat menegaskan perlunya mendorong warga belajar untuk menguasai suatu vokasi tertentu sebagai bekal kewirausahaan. Pendidikan kesetaraan paket B, Paket C mengintegrasikan pendidikan vokasi tertentu sesuai karakteristik daerah yang bermanfaat bagi warga belajar. Life skill diajarkan melalui penguasaan vokasi tertentu agar warga belajar dapat belajar dan berusaha sehingga meningkatkan taraf hidupnya. Dalam dunia yang semakin bergerak dengan kemajuan teknologi yang makin pesat terutama dibidang teknologi informasi mengkatalisir perkembangan kehidupan manusia lainnya. Perdagangan barang dan jasa yang sebelumnya melalui kontak langsung sekarang dapat melalui telepon, atau bahkan di dunia maya melalui transaksi elektronik. Undang-undang ITE mengesahkan transaksi bisnis yang bersifat elektronik. Email dipandang sebagai dokumen sah yang kesahihannya dipandang sama dengan kertas surat yang ditandatangani dan distempel lembaga.
Internet marketing kemudian hadir memberikan solusi baru bagi pesatnya perkembangan teknologi dan kebutuhan bertransaksi elektronik. Banyak perusahaan memanfaatkan teknologi ini untuk lebih memperluas pasar dan mendiversifikasi promosi produknya. Tidak peduli besar atau kecilnya perusahaan tersebut. Internet marketing melahirkan cara baru berpromosi dan bertransaksi sebagai alternatif transaksi konvensional. Internet marketing juga memberi peluang yang sama bagi perusahaan-perusahaan untuk berpromosi dan meluaskan pasarnya.
Bidang baru ini pun melahirkan tokoh-tokoh internet marketer yang berhasil dan memperoleh penghasilan yang fantastis. Mereka berhasil membangun image sebagai seorang yang layak dipercaya untuk memasarkan produk perusahaan ternama. Situs web mereka dihargai sedemikian mahal hingga seharga Rp. 1,5 M (www.jokosusilo.com) dan bahkan Rp. 2 M lebih (www.Formulabisnis.com). Semua itu diperoleh dengan susah payah dan berproses trial dan error hingga akhirnya menemukan jalan kesuksesannya.
Perkembangan pemakai internet di Indonesia sendiri mengalami perkembangan yang cukup fantastis. Jika pada tahun 2000 ada 2 juta pemakai internet di Indonesia, maka pada tahun 2009 jumlah pemakai sudah meningkat menjadi 25 juta. Kebanyakan pemakai internet adalah konsumen. Mereka hanya menerima dan menggunakan produk yang ada di Internet. Mereka cenderung di setir untuk menerima apa saja yang ditawarkan oleh internet. Lebih runyam lagi sebagian besar mereka mengakses situs-situs tidak sehat yang berpengaruh buruk bagi mereka bahkan lingkungannya.
Tindakan amoral dan tidak etis juga banyak muncul sebagai akibat mengakses situs-situs tidak sehat tersebut. Pertanyaannya mengapa akses internet tidak digunakan untuk sesuatu yang positif, sesuatu yang mendatangkan pengetahuan baru sehingga hidup bisa lebih bermanfaat, atau sesuatu yang lebih mendatangkan profit dengan menjadi pelaku di dunia internet? mengapa sangat sedikit yang mau menengok dan meluangkan waktu untuk berpikir bagaimana memanfaatkan internet ini sehingga bisa lebih bermanfaat dan menguntungkan?
Hidup harus berubah, cara pandang harus berubah, internet jangan menjadi pengaruh buruk bagi kita, internet harus menjadi pengaruh baik bagi kita, salah satunya dengan belajar dan menjadi internet marketer yang berhasil. Hidup jangan hanya menjadi konsumen dari internet, kitalah yang harus jadi produsen di dalam dunia internet.




No 2
PENGERTIAN WEBSITE ATAU SITUS

Website atau situs juga dapat diartikan sebagai kumpulan halaman yang menampilkan informasi data teks, data gambar diam atau gerak, data animasi, suara, video dan atau gabungan dari semuanya, baik yang bersifat statis maupun dinamis yang membentuk satu rangkaian bangunan yang saling terkait dimana masing-masing dihubungkan dengan jaringan-jaringan halaman (hyperlink). Bersifat statis apabila isi informasi website tetap, jarang berubah, dan isi informasinya searah hanya dari pemilik website. Bersifat dinamis apabila isi informasi website selalu berubah-ubah, dan isi informasinya interaktif dua arah berasal dari pemilik serta pengguna website. Contoh website statis adalah berisi profil perusahaan, sedangkan website dinamis adalah seperti Friendster, Multiply, dll. Dalam sisi pengembangannya, website statis hanya bisa diupdate oleh pemiliknya saja, sedangkan website dinamis bisa diupdate oleh pengguna maupun pemilik.



B. UNSUR-UNSUR DALAM PENYEDIAAN WEBSITE ATAU SITUS
Untuk menyediakan sebuah website, maka kita harus menyeediakan unsur-unsur penunjangnya, seperti halnya:
1. Nama domain (Domain name/URL - Uniform Resource Locator)
Nama domain atau biasa disebut dengan Domain Name atau URL adalah alamat unik di dunia internet yang digunakan untuk mengidentifikasi sebuah website, atau dengan kata lain domain name adalah alamat yang digunakan untuk menemukan sebuah website pada dunia internet. Contoh : http://www.nama situs .com
Nama domain diperjualbelikan secara bebas di internet dengan status sewa tahunan. Setelah Nama Domain itu terbeli di salah satu penyedia jasa pendaftaran, maka pengguna disediakan sebuah kontrol panel untuk administrasinya. Jika pengguna lupa/tidak memperpanjang masa sewanya, maka nama domain itu akan di lepas lagi ketersediaannya untuk umum. Nama domain sendiri mempunyai identifikasi ekstensi/akhiran sesuai dengan kepentingan dan lokasi keberadaan website tersebut. Contoh nama domain ber-ekstensi internasional adalah com, net, org, info, biz, name, ws. Contoh nama domain ber-ekstensi lokasi Negara Indonesia adalah :
• .co.id : Untuk Badan Usaha yang mempunyai badan hukum sah
• .ac.id : Untuk Lembaga Pendidikan
• .go.id : Khusus untuk Lembaga Pemerintahan Republik Indonesia
• .mil.id : Khusus untuk Lembaga Militer Republik Indonesia
• .or.id : Untuk segala macam organisasi yand tidak termasuk dalam kategori “ac.id”,”co.id”,”go.id”,”mil.id” dan lain lain
• .war.net.id : untuk industri warung internet di Indonesia
• .sch.id : khusus untuk Lembaga Pendidikan yang menyelenggarakan pendidikan seperti SD, SMP dan atau SMU

Konsep pemograman web;
world wide web (www atau disingkat web) adalah suatu ruang dimana informasi sumber-sumber daya yang berguna di identoleh pengenal global yang disebut Uniform Resource Identifier (URI):
a. WWW sering dianggap identik dengan internet dan merupakan bagian daripadanya,
b. Hiperteks dilihat dengan sebuah informasi (disebut dokumen atau halaman web) dari suatu server web dan menampilkannya biasanya di sebu ifikasi ah monitor halaman web, biasanya diatur juga dalam koleksi material yang berkaitan yaitu yang disebut situs web.
Konsep web (lanjutan)
a. Halaman web merupakan file teks murni (plain text) yg berisi sintaks- sintaks HTML yang dapat dibuka atau dilihat dengan Internet Browser,
b. Kegiatab pindah halaman untuk pindah ke dokumen lain atau bahkan mengirim informasi kembali kepada server untuk berinteraksi dengannya sering disebut “Surfing “ atau “berselancar”,
c. Halaman- halaman sebuah situs web diakses dari sebuah Url (Uniform Resource Locator) yang menjadi ”akar” (roof), yang disebut hompage, dan biasanya disimpan dalam server yang sama,
d. Tidak semua situs web dapat diakses dengan gratis, beberapa situs web memerlukan pembayaran, disitus- situs berita, layanan surat elekrtonik (e-mail), dan lain- lain.
Konsep Pemograman Web
a. Pemograman web: membuat applikasi yang berbasis web,
b. Aplikasi berbasis web: Aplikasi yang dibuat dengan memanfaatkan mekanisme dan apabila yang sudah ada pada sistem web (WWW)
c. Sistem web sebenarnya merupakan aplikasi yang server; Software web beowser disisi client, and software web server disisi server.
d. Menggunakan protokol HTTP (Hyper Text Transfer Protocol) dalam komunikasi antara client dan server yang mempunyai fungsi untuk mengambil atau menjalankan isi file dokumen web disisi server dan menjalankan isi file dokumen web disisi server dan menampilkan disisi client.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar